Kamis, 27 Februari 2014

Anime : Hetalia Axis Powers

Konnichiwa, Minna-san! :D Hari ini entah kenapa Kitsune kangen sama Kiku-sama dan kawan-kawan :3 *dibantai Sebastian* Makanya hari ini Kitsune mau ngeshare Hetalia Axis Powers :D Mungkin yang nggak tertarik dengan sejarah bisa tergila-gila gara-gara nonton anime ini ;) *ditabok*






     Hetalia Axis Powers (ヘタリア Axis Powers Hetaria Akushisu Pawāzu) adalah sebuah webcomic, yang diadaptasi ke dalam seri manga dan anime oleh Hidekazu Himaruya (日丸屋秀和 Himaruya Hidekazu). Manga ini mengambil tokoh negara-negara yang dipersonifikasikan ke bentuk manusia yang bertingkah laku layaknya masyarakat khas negara itu. Fokus cerita Hetalia yaitu kejadian-kejadian politik dan sejarah, terutama masa Perang Dunia II. Kata Hetalia sendiri berasal dari gabungan kata hetare (ヘタレ) yang yang berarti "tidak berguna" dan Italia (イタリア) yang menggambarkan tokoh Italia yang pengecut dan tidak berguna selama Perang Dunia II. Anime Hetalia terbagi dalam 3 season yaitu Hetalia : Axis Powers, Hetalia : World Series, dan Hetalia : Beautiful World (Kitsune nontonnya baru sampai yang World Series, sih ==" *nggak ada yang tanya* *pundung di pojokan*).

     Cerita awal Hetalia mengisahkan tentang kejadian perang dunia I dan perang dunia II dimana terdapat tokoh Axis Powers, antara lain Italia, Jerman, dan Jepang. Sedangkan di pihak Sekutu ada Amerika, China, Inggris, Perancis, dan Russia. Tokoh-tokoh selain itu juga ada karena Hetalia juga menceritakan sejarah negara-negara tertentu yang seringkali diwarnai dengan humor dan satire. Negara-negara di Hetalia juga berhubungan satu sama lain sebagaimana hubungan ekonomi atau politik antar negara yang terjadi di dunia nyata.

     Yosh! Sekarang kita berkenalan dengan para karakter di Hetalia Axis Powers! :D *nyulik kameraman*

Blok Axis


Italia/North Italy (Feliciano Vargas, Seiyuu : Namikawa Daisuke)



     Inilah karakter yang paling menyukai pasta ==" Italia adalah cucu dari Kekaisaran Romawi dan mempunyai kakak bernama Romano (South Italy/Lovino Vargas). Italia selalu menempel pada Jerman dan kerap kali mengibarkan bendera putih saat terkepung oleh musuh (terutama saat negara-negara Axis terdampar di suatu pulau =="). Lagu ending Hetalia kerap kali dinyanyikan oleh Italia (dan entah kenapa itu selalu membuat Ookaminecchi ketawa -_-)

Jerman (Ludwig Beilschmidt, Seiyuu : Yasumoto Hiroki)



     Jerman adalah orang yang paling tegas dan disiplin di antara para tokoh Hetalia ini. Walaupun begitu, ia tetap dengan sabar mau membimbing Italia dan Jepang *fangirl mode on* *digampar* dalam latihan militer. Mungkin karena terlalu disiplin atau yang lain, Italia dan pasukannya pernah kabur saat menjalani latihan militer dengan Jerman =="

Jepang (Honda Kiku, Seiyuu : Takahashi Hiroki)



     Inilah karakter yang paling kawaii dan kakkoii di Hetalia! :3 *digampar Hai-niichan* *dilempari tomat* Jepang adalah karakter yang tenang, pekerja keras, dan tergolong dalam hikkikomori. Jepang tampak suka kucing (?) karena ia baru mau keluar dari kamar setelah mendengar bahwa Amerika membawa kucing saat berkunjung ke kediaman Jepang (kok sehati sama Kitsune, ya? ==" #plakk). Jepang digambarkan sebagai adik dari Cina (namun akhirnya membantah hubungan kakak-adik mereka) dan berteman dekat dengan Yunani (yang ini juga dibantah ==").

Blok Sekutu



Amerika/USA (Alfred Foster Jones, Seiyuu : Konishi Katsuyuki)



     Sama seperti Italia, Amerika juga menyukai makanan yang sering kita sebut sebagai hamburger itu. Amerika seringkali berkata, "Ore wa hero da!" atau yang sering diterjemahkan sebagai "Akulah pahlawan!" saat rapat. Amerika saat muda diasuh oleh Inggris *fangirl mode on lagi* *dibantai Sebastian*, namun melepaskan diri dan merdeka saat ia sudah dewasa (bagi yang mau menyaksikan, silakan lihat episode 'Pembersihan Gudang Amerika' :'( Mengharukan sekali! T^T). Mempunyai teman alien bernama Tony dan saudara dari Kanada.

Inggris (Arthur Kirkland, Seiyuu : Sugiyama Noriaki)



     Waa, karakter tsundere-nya akhirnya muncul! :D *digampar Arthur* Yup! Inggris memang karakter yang suka berbicara sarkastis tapi tsundere (bagi yang belum tahu apa itu tsundere, harap mencari di google atau yang lainnya). Inggris sangat hobi memasak, namun masakannya (maaf) selalu tidak bisa diharapkan *siap-siap kabur* (si Italia pernah mencicipi masakan Inggris dan berkata kalau itu tidak enak. Tapi kok waktu Amerika mencicipinya, dia malah biasa saja, ya? :/ Kitsune bingung :| ). Inggris mempunyai kemampuan spiritual (kalau masalah ini si Amerika selalu menertawakannya) dan sering mengutuk negara musuhnya (pernah dia mengutuk Amerika, tapi yang keluar dari lingkaran sihir malah Rusia =="). Inggris tampak bermusuhan dengan Prancis (sampai menyewa pulau buat berantem segala lagi -_- Haduuh...).

Prancis (Francis Bonnefoy, Seiyuu : Onosaka Masaya)



     Inilah karakter yang tawanya paling Kitsune benci -_- Berkebalikan dengan Inggris, masakan si Prancis ini begitu enak (dan pernah dijadikan senjata untuk membujuk Amerika agar mau menjadi adiknya, walau akhirnya Amerika lebih memilih bersama Inggris =="). Prancis juga menganggap Inggris sebagai musuh dan sering menertawakan kemampuan memasak Inggris. Karakter ini termasuk karakter yang paling 'glamor' di antara karakter Hetalia (bisa dilihat dari pakaian yang dikenakannya). Walaupun pakaiannya begitu elegan, Prancis jadi mudah dikenali oleh musuh karenanya (Prancis pernah berganti dengan pakaian lain hanya karena bajunya yang mencolok dan menjadi sasaran tembak musuh =="). Meski terkesan kurang serius dan santai, Prancis memiliki kisah yang mengharukan dengan Jeanne d'Arc (Kitsune juga sampai nangis waktu baca doujin Prancis x Jeanne :'( )

Cina/Chuugoku (Wang Yao, Seiyuu : Kaida Yuki)



     *Hai-niichan : fanboy mode on* *kabur sambil bawa laptop* Karakter ini digambarkan sebagai negara tertua dan menjadi sesosok kakak bagi keluarga Asia, khususnya Asia Timur. Ia menyukai barang-barang kawaii seperti panda atau Hello Kitty (Cina tampak kawaii saat berkata 'panda' :3 *Hai-niichan : fanboy mode on lagi* *sweatdrop*). Cina senang sekali memasak dan mempunyai hubungan pertemanan dengan Rusia *Sora-niichan : fanboy mode on* namun terbayangi rasa takut karena Rusia sering membuntutinya bahkan saat di rumahnya sendiri. Cina sering mengakhiri kalimatnya dengan kata -aru, tapi berubah menjadi -ahen saat berbicara dengan Inggris (menggambarkan Perang Opium). Pertama kali Kitsune liat Cina, Kitsune kira Cina itu cewek ==" Hai-niichan juga nganggep dia cewek dan berpikir kalau Cina punya kembaran cowok ==" (dan sampai sekarang Hai-niichan nggak percaya kalau Cina itu cowok -_-)

Rusia (Ivan Braginsky, Seiyuu : Takato Yasuhiro)



     *Sora-niichan : fanboy mode on* *siap-siap katana* Rusia digambarkan sebagai karakter yang paling tinggi dan besar di antara karakter Hetalia lain. Sebenarnya ia mempunyai senyum yang manis, namun karena ia adalah karakter 'yandere' (bagi yang belum tahu apa itu yandere, silakan cari di google atau yang lainnya), senyumannya itu berubah menjadi menakutkan >,< (jujur, saya sendiri juga takut >< Tapi kok Sora-niichan bisa tergila-gila sama Rusia, ya? :/ ) dan itu membuat negara-negara lain ketakutan (di akhir rapat Blok Sekutu, Prancis pernah bertanya pada Rusia-Kitsune lupa pertanyaannya. Pada awalnya Rusia menjawab dengan ekspresi biasa, namun akhirnya ia berkata dengan 'senyum manis' lengkap dengan 'background' berwarna hitam, ungu, dan biru tua ><). Tiga Negara Baltik (Lithuania, Latvia, dan Estonia) adalah bawahan Rusia yang takut pada Rusia sendiri (jujur, Kitsune merasa bersimpati sama mereka =="). Ia suka membawa kran pipa dan mengagumi bunga matahari. Mempunyai kakak bernama Ukraina yang sering memanggilnya Rusia-chan dan adik cantik bernama Belarus yang sering memintanya untuk menikah dengannya *Sora-niichan : jealous mode on* (sepertinya Belarus adalah satu-satunya karakter yang ditakuti Rusia ==")




Yosh! Akhirnya selesai juga! :D <= capek ngetik ==" Gomen ne, negara yang lain belum Kitsune posting :( Tapi kalo Kitsune ada waktu, bakal Kitsune post, kok! :) Ja, Kitsune istirahat dulu, nee! :D Jaa nee! (^_^)/

4 komentar :

  1. artikelnya bagus.. cuman kebanyakan embel2nya, otaku sih otaku, cman jgn trllalu lbay lah... apa sngaja ditambahin embel2 ga jla gtu biar artikelnya trlihat lbih brisi aj? akan lbih baik lg kan klo sbuah artikel itu lugas dan lbih brmkna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, saya yang baru saja mau nonton anime ini gak begitu ngerti sama campuran bahasa Jepang nya, saya lebih suka full Bahasa saja, jangan di campur2. Terimakasih.

      Hapus
  2. yang indonesia kagak adakah..?

    BalasHapus
  3. Saya jadi tertarik mau nonton nih.

    BalasHapus